Gemuk Tidak Harus Diet

Kegemukan menjadi sebuah momok yang paling ditakuti oleh manusia di era modern seperti saat ini. Bentuk badan yang tidak proporsional menimbulkan berkurangnya kepercayaan diri dalam mengarungi kehidupan sehari-hari.

Mereka yang mengalami masalah kegemukan akhirnya banyak yang mengambil jalan pintas untuk melangsingkan tubuh dengan menjalani program diet. Namun, diet ketat dengan menghindari makan-makanan berlemak dan mengurangi asupan karbohidrat bisa jadi bumerang bagi yang melakukannya. Kurangnya pemahaman tentang diet yang baik untuk tubuh menjadikan banyak orang malah menjadi korban.

Berbicara mengenai bagaimana melangsingkan badan, Nabi Muhammad SAW pernah menganjurkan cara yang lebih baik. Melalui sabdanya, Rasulullah berkata, “Tempat paling jelek yang diisi manusia ialah perutnya. Cukup baginya makan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya, jika itu tidak cukup maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk napasnya” (HR Turmudzi).

Inti dari program menurunkan berat badan adalah mengurangi porsi bahan makanan tertentu tanpa mengurangi fungsi tubuh. Penggunaan obat-obatan yang bertujuan untuk mencegah penyerapan makanan juga bukan hal yang pasti tepat. Terkadang ini menyebabkan nafsu makan tetap tinggi, dan berat badan tetap stabil. Ini artinya segala makanan yang dikonsumsi hanya untuk memuaskan nafsu dan kemudian terbuang percuma. Tentu saja ini adalah perbuatan mubadzir yang dilarang agama.

Diet yang terlalu ketat dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit seperti bulemia dan anoreksia nervosa. Atau yang lebih parah dapat mengakibatkan kekurangan zat gizi penting tertentu, sebagian malahan memicu penyakit cirrhosis hepatis yang sulit ditangani, yaitu suatu keadaan dimana hati mengkerut dan menimbulkan berbagai komplikasi yang serius yang tidak teratasi.

Mengendalikan masuknya makanan ke dalam tubuh merupakan aspek utama. Selain itu, melakukan olahraga rutin yang bertujuan membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot dan menjaga fleksibilitas persendian.

Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung anti oksidan juga bisa menjadi kunci dalam mewujudkan berat badan ideal. Jenis makanan seperti ikan, brokoli dan kembang kol mampu mengatasi radikal bebas yang masuk ke tubuh. Lalu, perbanyaklah minum teh hijau dua kali sehari dan mengurangi minum-minuman bersoda dan kafein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>