Keseimbangan dalam terciptanya kesehatan merupakan faktor yang paling utama dalam kehidupan. Jiwa dan raga manusia harus selalu fit dan bugar agar dapat menjalani hari dengan baik. Namun, manusia acapkali melupakan pentingnya hal tersebut pada masa kini.

Pola hidup yang tidak sehat akan memberi dampak jangka panjang bagi seseorang.  memang tidak segera terlihat, akan tetapi dalam jangka panjang dapat mengundang berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Kebiasaan-kebiasaan seperti merokok dan kurangnya waktu istirahat dapat memicu sejumlah penyakit seperti jantung, stroke dan kanker yang sangat membahayakan tubuh kita.

Ada 5 langkah untuk mengatasi kemungkinan buruk tersebut.

1. Memperbaiki mental pattern atau budi pekerti/akhlak. Berserah diri kepada Allah SWT, berdoa dan menjalankan solat lima waktu merupakan kunci penting dalam meyakini terwujudnya aspek ini. Allah adalah Maha dari segala kesempurnaan sifat dan Dia menciptakan serta mengatur jalannya segala sistem tubuh manusia.

2. Mengatur pola makan. Hal ini mungkin terlihat sepele, akan tetapi jika tidak dijalani dengan teratur, kita akan terjebak dan dihantui oleh bermacam dampak penyakit yang akan menimpa. Allah SWT telah menciptakan alam untuk bisa dinikmati oleh manusia. Keseimbangan gizi adalah masalah terpenting. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk terus menjaga empat sehat lima sempurna setiap hari.

3. Menyusun langkah-langkah penyembuhan bagi yang memiliki penyakit adalah kunci ketiga. Penyembuhan penyakit tidak harus dengan intervensi dari luar, bahkan seringkali tidak perlu obat. Menjadi sehat itu mudah dan segala penyakit bisa dicegah, asalkan kita konsisten dalam mengaturnya.

4. Menyusun langkah-langkah peningkatan kualitas hidup. Aspek ini mencakup program pencegahan dan pengobatan penuaan dini, dan penyakit degeneratif.

5. Menyempurnakan kesejahteraan hidup dalam arti luas, demi  mencapai kebahagiaan sejati. Masalahnya adalah telah menjadi salah kaprah dalam pemikiran orang modern, bahwa semua persoalan hidup dipandang sebagai masalah yang complicated, sehingga perlu waktu untuk beranjak ke hal-hal yang sederhana.

Inilah cara baru meningkatkan kesehatan, menyelesaikan problema kesehatan tanpa memberi efek negatif jangka pendek maupun jangka panjang, dan meningkatkan kebahagiaan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>