12 CARA SEDERHANA HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

Sebarkan Ke Rekan Anda

12 CARA SEDERHANA HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

Dr. Mohammad Ali Toha Assegaf

Pengkaji Kedokteran Nabawiy

 

 

Meskipun kesehatan adalah masalah yang sangat kompleks namun orang lebih tertarik cara-cara sederhana dalam mengelola kesehatannya. dibawah ini saya coba rangkai beberapa cara mudah hidup sehat

  1. Membiasakan tidur Cepat Bangun Cepat :Nabi SAW tidak melakukan aktifitas setelah sholat isya’ kecuali membahas tentang hikmah dan pertanian . Setelah itu Beliau SAW cepat tidur agar bisa cepat bangun untuk menjalani sholatul lail dan qiroatul qur’an
  2. Syukur nikmat : Memperhatikan nikmat yang Allah berikan kepada kita “Dan , tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat  kepadamu, dan jika kamu mengingkari , maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrohim, 14:7),

”Bagaimana  Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri  lagi Maha Mengetahui”. (Q.S. An-Nisaa’, 4:147).

Syukur adalah kunci kebahagiaan dan kunci keberkahan. Ada 3 macam syukur, Syukur dengan lisan mengucap Alhamdulillah, Syukur dengan perbuatan adalah membagikan nikmat utk menolong orang Syukur dengan hati adalah sikap Qonaa-ah

  1. Mulai Hari Dengan Senyum. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa senyum adalah sodaqoh. Dalam penelitian diketahui bahwa senyum dapat menyehatkan meskipun dilakukan dengan terpaksa .
  2. Kendalikan Perut Anda dengan cara menghindari kekenyangan dalam hal ini Allah SWT berfirman:”Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap  mesjid , makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan . Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Q.S. Al-A’rof, 7:31)

Rasulullah SAW bersabda :”janganlah engkau mengikuti keinginan makan secara berlebihan, karena orang yang kenyang akan malas beribadah” Kebanyakan makan tidak hanya menyebabkan orang malas bergerak namun juga dapat mengakibatkan banyak penyakit serius.

  1. Cintailah Makanan Nabati, Allah SWT berfirman:”Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari saripati tanah”. (Q.S. Almukminun, 23:12) Sayuran dan biji-bijian adalah mahluk yang hidup dan tumbuh oleh sari pati tanah. Demikian pula hewan darat yang halal dagingnya juga yang makan hanya dari tumbuhan. Saripati tanah cocok dengan berbagai unsur yang ada dalam tubuh manusia, cocok sehingga menyehatkan.
  2. Cukupi Kebutuhan Air Minum : Kekurangan cairan menyebabkan banyak orang mengalami problem kesehatan yang serius, kebutuhan air tubuh kita adalah 30 cc/kg bb/hari dalam cuaca sejuk. Dalam cuaca panas atau aktifitas fisik yang berlebihan perlu ditingkatkan 20-30%
  3. Jangan Merokok : Rokok tidak ada di zaman Rasulullah SAW, namun jika kita pelajari manfaat dan mudharat dari rokok, maka manfaatnya nol dan mudharatnya banyak. Bagaimana kira-kira hukum merokok, silakan disimpulkan sendiri .
  4. Banyak Bergerak: Rasulullah SAW sebagai pemimpin ummat selalu berusaha mengerjakan kebutuhannya sendiri, dan selalu berusaha menolong orang lain, sehingga Allah SWT menganugerahkan kesehatan kepada beliau .
  5. Sholat Tepat Waktu : Menenangkan pikiran, memberi manfaat lebih terhadap kesehatan baik dari gerakannya yang melancarkan peredaran darah dan memperbaiki keseimbangan hormonal, kita akan membahas manfaat sholat ini secara tersendiri dilain waktu.
  6. Cukup Rekreasi: Rasulullah SAW melakukan rekreasi yang positif, yakni beliau SAW melakukan olah raga permainan a.l. gulat, berlomba lari, beliau SAW juga menghidupkan suasana  dalam rumah tangganya dengan memberikan julukan-julukan yang indah dan hangat kepada para isterinya, anak dan cucunya. Dalam sebuah hadits disebutkan pula bahwa Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat untuk bersenang-senang disela sela waktu ibadahnya.
  7. Bersikap ikhlas: Belajar menumbuhkan sikap ikhlas Melupakan perbuatan baik agar kita selalu merasa kurang amalnya, sehingga memperbanyak amal kebajikan, mengingat terus kesalahan yang kita lakukan agar kita tidak mengulang lagi kesalahan-kesalahan yang sama di kesempatan kemudian.
  8. Sabar : Ada 3 tiang kesabaran dalam menghadapi musibah :

–          Usaha maksimal dengan cara yang halal

–          Do’a yang tak kenal lelah

Nabi Ayyub menderita fisik dan mentalnya 40 tahun, do’a beliau:

”dan (ingatlah kisah)  Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: ” (Ya Tuhanku) sesungguhnya aku telah ditimpa kesusahan (penyakit) dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”.(Q.S.Al-Anbiyaa, 21:83)

–          Tawakkal/berserah diri,

”Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya,…” (Q.S.Ath-Tholaq, 65:3)

Maksudnya adalah bahwa mereka yang selalu menyerahkan akhir persoalan hidupnya kepada Allah maka dia tidak akan kecewa, karena Allah Maha Kuasa dan Maha Mencukupi, maka Allah lah yang akan mencukupi harapan kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *